Setahun Sarjana

Gak kerasa udah setahun jadi sarjana.

Hmm.

Masih banyak yang pengen dicapai. Masih banyak yang ingin dituju. Masih banyak yang ingin dikejar.

Dan kayaknya belum benar-benar berkontribusi bagi masyarakat dan negara.

Negaraku, sabar ya 🙂
Aku mulai dari yang kecil dulu. Belum bisa jadi solusi sepenuhnya. Mungkin malah beban. Dan suka misuh-misuh mengutuk keadaan kalau baca headline media massa. Hari ini aja aku udah mengeluhkan pajak. Maaf ya.

Tapi aku berusaha kok.
Soalnya aku sayang sama kamu, Negaraku.
Aku mencintaimu, apa adanya (meminjam kalimat Ahmad Yunus).

Mudah-mudahan bisa disegerakan semuanya.

Advertisements

Eye for an Eye

*

“An eye for eye only ends up making the whole world blind.” -Mahatma Gandhi

Tepat setahun lalu berkutat habis-habisan dengan jenis huruf yang satu ini demi kesarjanaan 🙂

*Credit Picture: http://www.flickr.com/photos/michaelpaukner/4911188994/

Menunggu

Suatu hari di bulan Januari.

Saat saya dan Syukma masih bolak-balik kampus buat bimbingan TA. Setelah lama sekali menunggu dosen pembimbing kita yang super sibuk, akhirnya beliau muncul sambil minta maaf dan bilang,

“Maaf ya, lama nungguin saya. Sebenarnya saya paling tidak suka membuat wanita menunggu.”-Pak HRW

Haha! 🙂

 

2011 REVIEW

Di penghujung tahun 2011 ini kayaknya pas buat flashback dikit ke postingan tahun lalu buat ngeliat lagi resolusi apa yang saya susun. Persis di tanggal yang sama, setahun yang lalu, inilah wishlist yang waktu itu lewat di pikiran:.
.
  1. LULUS. Alhamdulillah sudah sidang tanggal 22 Februari 2011 dan wisuda akhir Maret. Perjalanan yang sangat panjang tapi bikin puas. Alhamdulillah sekali 😉
  2. Belajar jahit. Ini juga udah terlaksana di bulan April, ikutan kursus jahitnya di Penjahit Yani yang deket Dayeuhkolot. Seharusnya ditempuh selama 3 bulan sampe Juli. Tapi gara-gara keseringan bolak balik Jakarta-Bandung buat nyari kerjaan, efektif ngejait cuma 2 bulan dan akhirnya menghasilkan satu rok panjang, satu blus lengan panjang, dan satu kemeja lengan panjang juga. Tiiga-tiganya belum layak pakai karena belum rapi dan yang atasan belum beres masang kancingnya. Huaaa kangen juga sama suara mesin jahit manualnya. Belajar banyaklah selama kursus ini. Buat bisa pro kayaknya mesti fokus. Tapi ntar aja kalo udah jadi istri orang :))
  3. Belajar bahasa asing selain Bahasa Inggris (maunya Cina). Ah ini udah gak napsu lagi. Hasrat untuk mempelajari bahasa asing apalagi dengan ikut kursus yang pake duit hahaha. Mikir-mikir lagi. Semacam keinginan yang cuma numpang lewat. Pengennya jago bahasa asing secara otodidak n terpaksa aja sih. Misalnya tau-tau dilempar kerja ke Eropa. Hahahaha.
  4. Main ke daerah-daerah sekitar Jawa Barat yang belum sempat terjamah, seperti: Banten, Garut, Kampung Naga, Badui Dalam, dll. Hmmm masih berupa wacana hahhaha.
  5. Nyamperin Retno di Jogja dan bermain sepuasnya. Jyahaha Nama Tya, Usia 23 tahun lebih 4 bulan, dan seumur hidup belum pernah ke Jogja padahal udah 5 tahun tinggal di pulau Jawa???!!! Tahun depan ini kayaknya Jogja jadi destinasi liburan nomor satu. Apalagi di Jogja udah ada adek sendiri kuliah disana :p
  6. Punya usaha (masih mikir apaan yg betul-betul terkonsep). Masih mikir dan belum ada modal. Hahahahha.
  7. Nulis lagi, bikin cerpen lagi, bikin novel lagi, apa aja biar produktif. Boro-boro, nulis di sini aja semenjak udah lulus jadi jarang. Aaaah Drozzenzola kapan mau tamatnya ya 😦
  8. Membukukan resep masakan mama dan belajar masak sama beliau. Belum sempat. Setahun ini aja baru pulang sekali pas lebaran. Huaaaa :((((((
  9. Langganan majalah Trubus. Financial issue hahahaha. Baca online aja deh mendingan atau gak beli yang bekas di toko buku loak yang di PasFes aja :))
  10. Belajar bawa kendaraan :p. Gak ada waktu dan kesempatan. Gak ada kendaraannya juga. Tahun depan ini ganti ah jadi “Pengen beli kuda”. Keren kan kayak Ksatria gitu hahaha.
  11. Belajar renang. Ini dievolusikan aja tahun depan jadi OLAHRAGA RUTIN. Terakhir olahraga rutin tahun 2009 itu juga gara-gara ikut UKM Taekwondo di kampus. Sekarang maraton 10 meter aja udah ngos-ngosan OMG OMG. Lemah!!!!
  12. Ngedekor rumah. Hellooooo setahun aja pulang baru sekali. Tahun depan kemungkinan akan balas dendam.
  13. Belajar Sejarah dan mau niat bikin timeline sejarah dunia yang rapi (ajak si Azam). Wakakakak rencana sok-sokan ini akan terus ada seumur hidup walau realisasinya masih 0%. Saya optimis, saya yakin, saya bisa! SPARTAAAAAA!
  14. Belajar tafsir Al Qur’an dan hadits. Sedih, makin hari makin jarang nih. Tahun depan harus ada perubahan! Tya di tahun 2012 harus oke punya pokoknya.
  15. Last but not least, cari kerjaan secara random. YAY. I got the job! Meskipun melalui hari-hari yang keras, penuh linangan air mata, pertikaian batin, dan malam-malam galau yang mengharu biru, pada akhirnya saya ikut menjadi kaum mayoritas: kerja di ibukota.
.
Waaawww dari 15 target ini, yang berhasil terlaksana cuman 3!  Tidaaakkkkk! Tapi gakpapa. Yang penting, bahagia aja ngejalaninnya. Dont worry be happy. Worrying get you nowhere katanya. Live for today and enjoy your present.
Tadinya pengen ingat-ingat lagi, selain kegagalan target-target di atas, apa lagi kegagalan yang saya alami. Pastinya setahun ini penuh gejolak dan sangat warna warni. Kalo dibikin kurva pasti naik turun. Bahkan mungkin gak beraturan haha.
.
Tahun ini banyak yang juga datang dan pergi dari kehidupan. Dan ada yang tetap tinggal. Masalah juga silih berganti. Beres yang satu, dateng lagi yang lain. Ketemu orang-orang yang baru dan berbeda. Lingkungan yang baru. Every single thing has changed. All I can do is just beradaptasi sama perubahan-perubahan itu. Seperti yang dibilang Meredith Grey dalam Grey’s Anatomy,
.
“Adapt or die.”
.
And after all these things, I’m not really sure. I know I’m getting older. But I dont know if I’m now a better person or just getting worse than before. Persis seperti omongan si Jesse dalam Before Sunrise ini.
.
“Maybe what I’m saying is, is the world might be evolving the way a person evolves. Right? Like, I mean, me for example. Am I getting worse? Am I improving? I don’t know. When I was younger, I was healthier, but I was, uh, whacked with insecurity, you know? Now I’m older and my problems are deeper, but I’m more equipped to handle them.”
.
.
Hehe. Sebentar lagi 2011 berlalu. Dan entah apa yang bakalan terjadi hari-hari berikutnya. We never know. Masa depan benar-benar misteri sih. Dan kita juga gak tau dikasi masa depan apa enggak. Just do your best and dont waste the time. Hahaha gampang ya ngemengnya, tapi susah prakteknya! :p
.
.

Opsi

Seandainya memutuskan sesuatu semudah memutuskan pacar*, mungkin gak bakal sebimbang ini ya.

*Kayak pernah aja mutusin pacar -_-” wkwkwkwkwk.

Habisnya memang sulit sih berada di antara pilihan-pilihan, lalu kita dituntut untuk menentukan dan memilih salah satu option yang ada. Huaaaa off abeeesss. Hahahahaha. Tapi menurut dosen pembimbing TA ketika saya masih rajin bimbingan dulu, masih bagusan situasi kayak gitu. Ketika kita diberikan banyak pilihan dan bisa menimbang, kira-kira terbaiknya yang mana. Daripada sama sekali gak punya pilihan. Alias terpaksa memilih apa yang ada.

Hahaha. Ngomong-ngomong soal bimbingan TA, topik semula sebenernya adalah tentang memilih classifier yang ada. Tapi beliau kemudian menghubungkannya dengan realita. Hahaha. Lebih lanjut lagi, pemilihan classifier dianalogikan dengan tips memilih pendamping hidup. Wakwkawkak.

22022011

Alhamdulillah, akhirnya berhasil juga melewati threshold ini!

Memang Allah selalu punya skenario tak terduga sekaligus paling sempurna.

 

Hari penting dan bersejarah nih.

22 Februari 2011,

Ruang A, Ged. C, IT Telkom Bandung.

 

Long Hard Road

Sebenarnya, mau seberat apapun langkah yang kita tempuh, securam apapun tebing yang harus kita lewati, sepanjang apapun jalan yang mesti kita lalui, meskipun berbatu, berlubang, bikin pengen nangis, bikin kesal, bikin gila….

akan terasa semuanya lebih ringan kalo kita jalaninnya….gak sendirian. Dengan teman yang jalan berdampingan :’)

YAKINLAH!!!!

 

CinTA

‘Cause this is real, and this is good.
It warms the inside just like it should,
but most of all it’s built to last.

 

Gak kerasa dulu pas nyusun proposal lagunya ini, sekarang nyusun buku lagunya juga ini :’>

Selamat mengerjakan dan menikmati cinTA 😀