Mana Senyum Ibu?

Belakangan ini, kalo lagi nahan marah, kesal, dan pasang muka jutek, Ibra langsung muncul nanyain..
“Bu, Ibu senang? Mana senyum Ibu???”

Wkwkwk. Kesalnya langsung kabur 😂

Mana Senyum Ibu?

Ibu Masak

Pagi ini mau masakin Ibrahim telor dadar. Terus anaknya rewel minta gedong mau liat ibunya masak. Akhirnya digendonglah sambil goreng2.

Pas udah selesai masaknya, dia tepuk tangan sendiri, trus turun dari gendongan dan tau2 ngomong..
“Pintay ibu ya.. macak ya.. pintay ibu macak ya..”

Wkwkwk..
Gak tau itu muji apa ngeledekin sik 😹
Emangnya selama ini dia ngirain emaknya gak bs masak apa? 😹😹😹😹

Ibu Masak

Doanya Apa?

Tadi menjelang adzan isya apa maghrib ya..lupa.. Ibra langsung bergegas sholat. Takbir, bersedekap, rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud (gak ketinggalan kedua telunjuknya ikut tegak pas duduk ini wkwkwk), berdiri lagi, gak inget ntah sampe berapa kali..akhirnya kelar. Salam kiri kanan, “Aakum..”

Aku, nenek, dan kakeknya pun bertepuk tangan.
“Horee… selesai.. pinter Ibra…”
Anaknya senyum2 kesenengan dipuji hahaha.

Trus aku bilang,
“Ehhh doanya belum, Ibra..”

Ibrahim duduk lagi sambil mengangkat kedua tangannya. Berdoa. Tsah.

“Udah? Doanya apa?”

Dengan pede anaknya berdoa keras2.
“Bismika…..ya amuut..”

Wkwkwkwkwk. Doa mau tidur. Masih separoh2 sih. Tapi kaget juga. Jadi sebenernya belum pernah ngasi tauin Ibra doa sehabis sholat apa aja. Yang udah udah paling Ibra klo disuru berdoa cuma blg “Ya Awah..”
Dan seminggu yang lalu emg lg rajin aja tiap mau tidur si ibra diajakin berdoa keras2. Tapi anaknya selama ini kayak gak pernah merhatiin. Malah seringkali dia ogah dan maunya dinyanyiin lagu aja. Kan sedihhh. Akhirnya abis itu mulai menyerah ngajarinnya. Dipikir2 mungkin dia belum tertarik. Eh. Ternyata diam2 dia menyimak, bahkan merekam. Warbiyasa anak2 ini.

Hahahah tapi biasanya gak dibaca pas abis sholat jugak sih nak… dibacanya pas mau bobokkk… 😹

Kesimpulannya….jangan cepet menyerah buat ngajarin kebaikan pd anak kecil hahaha..

Kesimpulan lagi…alangkah baiknya jikalau org tua membiasakan dirinya sendiri dulu berbuat kebaikan. Jadi tanpa perlu diajarin insyaAllah anak otomatis bakal ngikutin. Hehehe. Jangan kek sinii..yg masih tak sempurna dan gak relijius2 amat seperti tmn2 di pesbuk 😂 Berdoa aja masih suka kelupaan. Sehingga hrs lebih berusaha.

Semangatttttsss! 😜😜😜

Doanya Apa?

“Ntak Aaf”

Ibrahim, yang sebentar lagi insyaAllah 2 tahun, sekarang ini lagi hobiiiii kali minta maaf.

Sebenernya dia udah kenal kata “maaf” dr dulu2. Diajarin minta maaf kalo udah salah. Tapi beberapa waktu lalu, pas lagi senang2nya sama video 3 Little Kittens di youtube, minta maafnya jadi sering kali hahaha.

Jadi pas nonton video kucing2 itu, aku ceritain videonya tentang anak
-anak kucing yang kehilangan sarung tangannya. Terus mereka diomelin ibunya dan dihukum gak boleh makan kue. Anak2 kucingnya, yang kata Ibra “Mmmmeeyyyy” alias “comel”, minta maaf sama Ibunya. Lalu mereka cari sarung tangannya dan ketemu. Akhirnya mereka boleh makan kue. Yeeee. Hahahha.

Kisah sederhana tsb diceritakan dgn sangat dramatis. Wkwkwk. Jadinya membekas gt kayaknya bagi Ibrahim.

Semenjak itulah kayaknya dia jadi suka minta maaf.

Sengaja numpahin air trus dimain2in, lalu liat Ibunya ngomel2, Ibra bilang, “Aaf, Buuu…”
Seketika kesel langsung hilang berlanjut ciyam ciyom si bocah.

Liat Ibunya kesel entah karena apa, kadang karena ntn TV misalnya, tiba2 dia nyamperin, “Aaf, Bu…” Padahal bukan salah dia loooh.

Kemaren juga. Ibra ntah ngapain trus bikin ayahnya kaget.
“Haha.. Kaget ayah..”
“Ayah get..”
“Iya, Ayah kaget, Ibra..”
“Aaf, Yah.. Ntak aaf, Yah…”
“Iyaaa gakpapa.. Ayah kaget aja, Ibra gak salah..”

Hahahah. Dah gtu minta maafnya bahkan ke benda2 mainannya.
“Aaf, Bus..”
“Aaf, Bibil…” *Mobil
“Aaf, Ta..” *Onta
dst.

Emang fase anak belajar bicara ini penuh keunyuan. Udahlah dia ngomongnya dengan muka polos, kadang intonasinya pun datar. Wkwkwkk. Di rumah jadi berasa nyinyir gara2 ngulang2 ngomong muluk. Ditambah hobi minta maafnya ini, sekaligus berasa lebaran.
Setiap hari.

Wkwkkwkw.

Cium sayang buat Ibra yg lagi bobok di samping Ibu :*

Dumai, Okt 2015.

“Ntak Aaf”

Ibra Mulai Jalan! :D

Tadi sore, ketika Ayah lg buang sampah ke luar dan Ibu lg santai nungguin mas2 n mbak2 yang mau bekam (btw bekam enak jg ya bikin nagih), Ibra yang lagi main di deket Ibu tau2 berdiri..diam..eh lalu melangkah  sampe 3 langkah! Huaaa senengnya… Ibrahim pun tampak senang n bersemangat. Wkwkwk.

Emang belum bisa dibilang berjalan lepas, soalnya blm sampe 5 langkah jg. Tapi gpp sedikit2 lama2 jd ;D

Habis itu sempat bbrp kali dia nyoba lg melangkah.. Tp walau jatuh, dia tetap bisa bangkit lagi!! Tuh cakra khan…hrs bs bangkit lg biar gak jd butiran debu wkwkwk.

Ternyata klo diliat2 dgn sotoy nih..buat Ibra, fase melangkahnya melewati tahap2 kyk gini:
-merangkak
-berdiri pegangan
-jalan pegangan n rambatan
-berdiri pegangan trs jongkok ambil sesuatu trs berdiri lagi (bangkit)
-berdiri dr posisi duduk tanpa berpegangan (ini suka dicobain di atas kasur..trs dia seneng kali klo bs berdiri lama n sambil tepuk tangan.. cyehh gaya..)
-berdiri dr posisi duduk trs maju.. Ini bentuk majunya bs melangkah atau buang badan ke depan haha..

Selama ini kan suka gemes liat Ibra, klo pegangan atau dorong2 mainan, jalannya alhamdulillah udah lancar. Tapi giliran dilepas, paling2 melangkah satu langkah trs langsung ambil posisi merangkak. Haha. Mungkin belum PD kali ya. Kan katanya buat bs melangkah lepas itu butuh perjuangan jg buat anak.

Hehehe yang jelas, takjub sekali liat semangatnya anak ini. Gak capek-capek, cobain terus sampe bisa.. Paling kalo udah bosen, tau2 dia buang badan aja ke ibunya sambil menelentangkan badan n lirik2 ngode minta dikitikin trs gelut2… ^^

Ibra Mulai Jalan! :D

Ibrahim 10 Bulan

Alhamdulillah.. Anak bayiku ini rupanya udah 10 bulan aja tanggal 23 Agustus kmrn.. InsyaAllah bentar lagi setahun :p

Harusnya ini jadwalnya Ibrahim diimunisasi campak. Agak molor emang gara2 imunisasi sebelumnya ada yang molor jadinya mundur terus imunisasi2 berikutnya. Dan karena Sabtu kemaren dokter anak di klinik tempatku dulu biasa periksa kehamilan lagi gak ada, bakalan molor lagi kyknya imunisasi Ibra. Heuft.

Tapi kemaren disempetin buat nimbang BB Ibra yang ternyata udah 10.3 kg. Yeay udah naik lagi hahaha. Emang rasanya sekarang Ibrahim agak banyakan sih makannya. Dan kalo dulu sering gak pup sampe berhari2, sekarang udah jauh lbh sering. Karena makannya udah mulai banyak kali ya.

Ibrahim mulai lancar jalannya walaupun msh harus ditatah atau pegangan. Beberapa minggu lalu pas ke Palembang nemenin ayahnya training, Ibrahim mulai suka dorong2in kursi. Jadinya sekarang lagi nyariin walker buat Ibrahim yang pas krn yang udah2 suka liat model walker yg bisa jadi mobil2an ternyata kekecilan buat Ibrahim -.-

Kalo kata neneknya, paling bagus ngajarin jalan di atas rumput yang berembun pagi2 gitu. Pernah kita cobain sekali ke alun2 Baturaja dan emang semangat Ibrahimnya buat jalan krn ada sensasi dingin n basah gtu mungkin ya. Kemudian gemes kayaknya langsung duduk terus diacak2 rumputnya sama Ibrahim wkwkwk.

Sekarang di rumah belajar sama ayah aja sambil dipegangin atau dorong2 baby walkernya yang gak kepake, dorongin strollernya, ato mobil2an gedenya yang mengeluarkan lagu2 bagaikan odong2 wkwkwk. Ya ampoon gak nyangka sekarang kontrakan isinya beginian :))

Ibrahim sekarang juga udah faseh tepuk tangan. Kalo bulan kemaren tepuk tangannya lembut n gak bunyi, sekarang udah kuat. Kayaknya gara2 liat ayah sama ibu suka tepokin nyamuk ini :))) Bahkan kalo nyanyi pelangi2 Ibra spontan tepuk tangan sambil cengar cengir. Baru2 ini juga udah bisa melambaikan tangan. Padahal kmrn2 pas di Palembang itu, tangannya Ibra bisanya kayak kucing di toko cina gtu. Tau2 ilang aja kebiasaannya malah berganti. Karena gak diajarin mungkin ya?

Ibra lagi suka teriak n sering babbling juga. Dan babblingnya skrg kyk ngomong beneran tp roaming ya suka gak ngerti artinya. Kadang ngoceh panjang n sama kita suka dibalesin aja sesotoynya trs dibales lg sm Ibra….alhasil terjadilah percakapan ala ala :))

Kadang2 mulai bisa bilang Ayah.. Apa.. Mamama papapa tapi gak tau apa maksudnya emang itu atau lagi suka2nya dia aja. Dan kalo dibilangin, “Ibrahim, ayah pulang..” bocahnya langsung nengokin pintu..atau ruang tamu tempat ayahnya suka muncul.

Sekarang main cilukba juga udah bs gantian soalnya Ibra mulai bisa tutupin mukanya trs pura2 sembunyi wkwkwk. Ah anak bayi mengapa unyu sekali ya..

Oya. Ibrahim sukaaaaaa sekali berenang. Kalo dulu pas masih bayi di Duri renangnya di bathtub cetek pake pelampung di leher, sekarang udah bisa di kolam umum. Tapi gak berani juga klo rame. Pas kemaren di Palembang aja, nyobain Ibrahim berenang di kolam renang besar dan airnya dingin + outdoor jadinya angin semriwing.. Awalnya agak kagok tapi antusias anaknya. Dan gak mau dipakein pelampung badan. Pegel dong ayahnya megangin trs. Syukurlah akhirnya mau juga dan betah ternyata. Gara2 di rumah kontrakan ini juga ada bak yang superbesar di kamar mandi belakang (buat nampung air jaga2 klo musim panas kekeringan), Ibrahim kita coba renangin di situ wkwkwk. Dan itu jadi kegiatan favorit ibrahim :))

Ibrahim… Tumbuh jadi anak soleh, baik hati, pemberani, macho, n sopan ya.. Kayaknya kalopun Ibra nanti insyaAllah udah besarnya berkumis berjambang berjenggot, Ibrahim  tetap bayi unyu2 bagi Ibu 😉

Sayang Ibu buat Ibrahim adalah satu dibagi nol.. :*

*posting gagal mulu jdnya telat*

Ibrahim 10 Bulan

Ibrahim 11 Bulan

Postingan telat nih. Dan yg bulan kmrn gagal mulu pas diupload. Hiks. Yasutrala..

Pertengahan September lalu, Ibra mulai bs manjat container yg lbh tinggi dr kasur. Tapi msh blm lancar turunnya krn kakinya blm terlalu nyampe. Ceritanya container ini dipake buat ngalangin jalan ke kamar mandi krn ibra suka ngekorin maknya kemana2, trs dia kyknya kesal terhalangi container. Jadilah dipanjatin sama dia. Jadi agak ngeri sekarang ngeliatnya hrs hati2 bgt. Kalo sekarang udah faseh manjat2nya.

Udah lancar jalannya…asal berpegangan. Sekarang hobinya Ibra merambat di tembok bagaikan cicak2 di dinding dan ngedorong babywalkernya ke sekeliling rumah. Setelah muter2 babyshop disini nyariin walker yg direkomendasikan itu, gak nemu yg pas buat Ibra krn rata2 kecil n pendek. Sehingga klo buat belajar jalan, anaknya jadi membungkuk. Alhasil babywalkernya yg nganggur krn gak mau dinaikin, jd teralihfungsikan. Dan pas jg tingginya buat dipegang Ibra. Jadiii kata siapa babywalker haram? :)))

Oiya tgl 19 Sept lalu sempet jg Ibra mau melangkahkan kakinya tanpa pegangan tapi cuma selangkah gt. Kemudian dia lanjut merangkak hohoho.

Ibra mulai pengen makan sendiri. Sotoy yaaa haha. Udah waktunya juga kyknya. Kalo liat makanan potongan gt maunya pegang sendiri lalu diremas2 baru dimakan..atau gak diolesin ke lantai rumah zzzz hahaha. Mulai bs pegang sendok trs dimasukin ke mulut jg. Tiada hari tanpa ngepel. Untungnya ibu udh nemu cara ngepel praktis :)) masukin pembersih lantai+air dalam botol yg ada spray nya dan semprotin lantai2 kotor trs lap pake kanebo bersih atau kain pel. Bye gotong2 ember.. Wkwkwk

Ibra juga udh bs minum sendiri pake sedotan. Yeayy. Sedeplah gayaknya. Sambil megangin kuping cangkir trs disedot sampe kempot pipinya hahah. Taunya ibra bs nyedot jg gak sengaja, klo ga slh udah sebulan lalu. Seneng kali akhirnya nemu cara yg ok buat minum ibra. Selama ini klo disuapin sendok msh suka tersedak, diminumin pake gelas juga gt malah lbh parah. Tangannya pengen dimasukin ke dlm gelas buat ngobok2 air.

Sekarang Ibra juga makin jago niruin ibu atau ayahnya. Kalo deket2 rice cooker yg panas kan suka dibilangin “Ibra, awas ya ini panas.. Huh huh huh..” sambil mulut monyong2 n ngibas2in tangan kyk org kepanasan. Skrg Ibra klo kepegang sesuatu yg panas jdnya kyk gt ekspresinya wkwkwk. “u u u” sambil ngibas2in tangannya niruin. Skrg udh gak bs sembarangan lg nih depan bocah :p

Lagi suka2nya sama Paku yg nempel di tembok. Wkwkkw. Kalo liat paku, langsung ngomong “Papuk.. Papuk..”.

Udah sering dadah2 juga sekarang. Sambil ngASI aja suka dadah2 tangannya (mungkin itu berlatih kali ya). Sama kayak dulu pas baru bs tepuk tangan.. Tepuk tangaaaan mulu kerjanya :))

Ibra juga suka bolak balikin halaman board booknya. Bisa asik sendiri sama bukunya. Tapi lbh suka kalo ditemenin trs dicritain..walaupun akhirnya direbut sm dia bukunya :))

Daaannn kabar plg menggembirakan, Ibra alhamdulillah udah lancar bgt eeknya skrg. Tiap hari dan pagi2 udah kyk org dewasa. Sejak umur 3 ato 4 bulan pas msh ASIX kan dulu Ibra suka lama jeda eeknya. Bisa sampe semingguan lebih. Tapi baca di artikel2 AIMI dll katanya bayi ASIX klo sampe 14 hari gak eek, ya gak papa. Asal bayinya ceria2 aja. Nah ibra dulu gtu. Tetep ceria. Gak menunjukkan tanda2 sakit n panas dan gak keras juga teksturnya. Tapi ya resah aja kan sbg ibunya. Ternyata kata DSA nya Ibra, sebaiknya Ibra dikasi lactobacillus gt. Buat memperlancar pencernaannya. Kata dokternya itu ga ada efek samping juga soalnya itu bagaikan yakult bagi anak bayi. Jadilah Ibra disarankan mengkonsumsi itu tiap hari. Emang jd lembut tekstur pupnya hahah (iya tiap kli bersihin pup ibra, maknya jd selalu ngacak2 pupnya demi kepuasan batin). Tapi akhirnya ga tiap hari juga sih dikasinya. Suka lupa juga hoho.

Demikian cerita soal sebagian perkembangan Ibrahim. Gak kerasa insyaAllah bln ini mau setaun. Huhu. Senang sekaligus sedih ngeliat pertumbuhan n perkembangan anak. Seneng liat dia semakin pinter n mandiri, tapi sedihhhh krn rasanya baru bentar ditimang2.

Kadang2 sampe mikir jgn2 orang yang banyak anak n jaraknya dket2 itu krn ngerasa gini kali ya.. Kepengen ngasuh anak bayi trs.. Soalnya biar fisik capek, tp membahagiakan gtuu mwihihi :p

Ibrahim 11 Bulan