Bikin Minyak Kelapa

Minyak Kelapa bisa dibilang sedang hits lagi. Kalo suka main pinterest, sempat kemaren-kemaren banyak yang sharing mengenai banyaknya kegunaan si minyak kelapa ini. Mulai dari urusan kecantikan, perawatan badan, muka, sampe buat obat tradisional. Bahkan minyak kelapa ini jauh lebih sehat daripada minyak sawit buat dikonsumsi. Dulu orang-orang banyak yang make minyak ini buat masak (kata si Mama). Disebutnya minyak arau. Kalo sekarang kalah saing kali ya sama minyak sawit.

Karena alesan tersebut, maka saya putuskan untuk bikin minyak kelapa sendiri. Soalnya kayaknya bakalan perlu dan kalo beli agak susah nyarinya. Gak yakin juga akan keperawanannya. Ahsyiiikk :p

Maka bersama Mama, dipersiapkanlah bahan utamanya. Yaitu santan dari 10 buah kelapa yang udah tua. Ingat….ingat….ingat…!! Harus yang udah tua! Biar ntar ada minyaknya. Haha.

Kira-kira santan dari 10 buah kelapa itu beratnya 2.5 kg.

Cara bikinnya gampang (sok). Nyalain kompor, masukkan santan ke wajan, masaklah dengan api sedang sambil terus diaduk sampe bawah. Ingat….ingat….ingat….! Harus sampek dasar kuali loh ya ngaduknya. Kalo gak ntar gosong dan berkerak.

Terus…ya udah. Gitu aja. Hahaha. Masak terus aja, ntar lama-lama akan keluar minyak bening seperti embun pagi di sela-sela ampas yang berwarna kecoklatan. Halah. Emang agak lama. Kalo mau santai ngerjainnya, masak dulu sampe mendidih santannya. Terus berhenti. Ntar disambung lagi. Istirahat. Terus sambung lagi.

Setelah keluar banyak minyaknya, saring deh tuh. Tapi yah antara minyak dan ampas yang dihasilkan, perbandingan jumlahnya bisa dibilang 50:50.

Kurang lebih begini penampakannya di wajan:

image

Ini minyak kelapa yang sudah disaring:

image

Dan baru tau deng ternyata santan itu aslinya rasanya manis ya. Wangi pulak. Bedaaaaa sama pembuatan minyak sawit yang bauknyaaaaaa minta ampun.

Huehehe soal ketahanan minyak ini belum tau juga. Untuk menghindari ketengikan dini, sekarang lagi disimpan di kulkas. Mudah-mudahan awet ya😉

Bikin Minyak Kelapa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s