Bebas?

There’s no such thing as freedom of speech.

Liat aja berapa banyak orang-orang yang diserang gara-gara sembarangan bebas ngomong. Sejak jaman dulu. Bahasannya bisa apa aja.

Pantesan kita disuruh mikir sebelum ngomong. We never know how people will react. Apakah orang akan tersinggung, marah, cuek, atau malah mendukung. Tapi langkah paling amannya jelas mengendalikan diri termasuk omongan.

Jadi bisa disimpulkan prinsip seperti ini tidak berlaku dalam kehidupan nyata:

image

Bayangkan kalo Pak Calon Hakim yang lagi tenar gara-gara guyonan gak lucunya itu ngomong kayak begitu.

Jadi ingat di timeline twitternya, Farid Gaban dan Alissa Wahid pernah diskusi soal apakah kita bisa berpakaian sesukanya tanpa peduli apa dampak sosial dan akibatnya. Menurut mas Farid, pemikiran kayak gitu egois sekali. Dan kasus perkosaan itu sendiri memang mutlak kesalahan pelaku, tidak ada pembenaran untuk kelakuan mereka, namun kita bisa mencegah dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kasus tsb dari mengatur cara bergaul, berpakaian, dll.

Sebagaimana ibu-ibu kalo gak mau dirampok perhiasannya, emasnya, jangan dipake mencolok dan sembarangan lebih-lebih di tempat umum. Meskipun dia berhak, mampu, dan sanggup untuk berhebring ria.

Seenggaknya tuh kalo kita udah berjaga-jaga, berhati-hati, namun pada akhirnya kecolongan juga, kita bisa memperkecil kemungkinan menyalahkan diri sendiri lalu stress. Ibarat menjaga unta, meskipun kita percaya Allah akan menjaganya, tapi kalo ditinggal di luar harus tetap ditambatkan. Apabila hilang juga, artinya kita harus ikhlas soalnya itu berarti udah takdir. Harga mati udah.

Bener gak? Ini banyak sok taunya dan penuh opini pribadi sih. CMIIW, please.

Peace đŸ˜‰

Posted from WordPress for Android

Bebas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s