Article: Secrets of Successful Parenting

Secrets of Successful Parenting

http://www.scientificamerican.com/article/secrets-of-successful-parenting/

“Give your kids lots of love n affection.” ❤

Article: Secrets of Successful Parenting

Ibu Masak

Pagi ini mau masakin Ibrahim telor dadar. Terus anaknya rewel minta gedong mau liat ibunya masak. Akhirnya digendonglah sambil goreng2.

Pas udah selesai masaknya, dia tepuk tangan sendiri, trus turun dari gendongan dan tau2 ngomong..
“Pintay ibu ya.. macak ya.. pintay ibu macak ya..”

Wkwkwk..
Gak tau itu muji apa ngeledekin sik 😹
Emangnya selama ini dia ngirain emaknya gak bs masak apa? 😹😹😹😹

Ibu Masak

Anak Kecil Gombal

Siang-siang, baru aja abis mandi dan rapih-rapih, belom juga sisiran, jalan ke belakang mau jemur handuk..

Terus papasan sama Ibrahim di ruang tengah. Anaknya ngeliatin lama sambil senyum-senyum. Tau-tau dia ngomong,

“Ibu cantik… Ibu jadi kakak..”

Wkwkwkwk.
Langsung melayang kesenengan dipuji anak kecil.
😹😹😹😹

Anak Kecil Gombal

Ibrahim 2 tahun lebihh

Postingan yang terlambat. Bermaksud mau nulis tumbuh kembang Ibra sesegera mungkin tapi kok ya malessss kali. Rasanya banyakkk yang mau ditulis tapi buka app nya aja udah males hahahha. Akhirnya lama2 jadi lupa gini. Huftttt. Persoalan idup.

Ultah Ibra yg menurut kalender Hijriahnya 18 Dzulhijjah bertepatan tanggal 2 Ont 2015. Dirayain kita bertiga aja. Malem sebelumnya ayahnya bela2in beli kue pas pulang kerja. Taro kulkas. Dan paginya ceritanya kasi surprise gtu dehhhh hahahaha seolah2 anaknya udh paham aja yakannn.
.
Pagi2 kita udah rempong siapin lilin.. Gara2 lilinnya ikutan masuk kulkas jadi susah ditancepin lidi biar bisa tegak di atas kue. Akhirnya malah kebelah tuh lilin angka 2 wkwk. Tp entah digimanain waktu itu jadi juga.

Kita bawalah tuh kue ke kamar dengan lilin yang menyala2 hahaha. Ibra masih bobok dengan pules.

Sbnrnya sengaja bikin kyk beginian..biar anaknya ngeh udah umur 2..artinya berhenti ASI. Meskipun gagal dan akhirnya tetep aja proses menyapih dilalui dgn dramatiz. Wkwk.

Ibrahim senengg kali pas dibawain kue. Yhaaa. Senang karena bisa tiup lilin. Udah ditiup lilinnya bukan makan kue malah nyalain lilin lagi. Gituuuu aja trs sampe mamaknya akhirnya mengambil alih tuh kue buat sarapan. Hahahaa…

Waktu itu Ibrahim langsung kepengennya disapih. Gak pake WWL karena udah pesimis duluan. Wkwk. Tapi gagal karena wktu itu Ibrahim lagi pilek. Ayahnya kasian. Dan emaknya kesenengan dong ya…gak jadi buru2 menyapih.

Pas 23 oktober nya, kita malah lagi di Duri. Waktu itu ayah lagi training kalo ga salah. Jadi ga semangat beli2 kue. Akhirnya makan eskrim aja. Tetep anaknya kegirangan hahaga. Tiap hari jadi makan eskrim. Sampe beberapa hari kemudian sakit. Dannn membuat proses menyapih terganggu…dan agak mundur.

Setelah melalui drama sekian babak, proses menyapih berhasil juga. Dimulai tanggal 2 November.. sekitar semingguanlah sampe Ibra benar2 gak mau lagi ASI. Waktu itu sempat ngedrop juga karena menidurkan Ibrahim tanpa ASI mayan menyita energi. Gak sampe begadang2 amat sih. Tapi harussss digendong2in menjelang tidur. Kalo bangun tengah malam, digendong2 lagi. Jam tidur jadi berantakan semuanya. Hahaha.

Tapi masa2 kyk gtu udh lewat. Waktu itu rasanya galaw. Udahlah sedih mau kehilangan momen indah bersama anak, badan ikutan mendemam, ditambah kurang tidur. Ruarbiyasak. Tapi dijalani saja dgn seikhlas2nya karena roda kehidupan terus berputar tohhh. Hehehe.

Sempat juga tanggal 14 Nov kita melipir bentar ke Melacca. Cuma 3 malam. Dan ibrahim di situ berhasil tidur tanpa harus digendong2. Cukup diusap2 aja. Malahan sempat juga dia tidur sendiri wkwk. Tentu aja…itu karena kelelahan lah ya. Alhamdulillah piknik bentar mengembalikan mood dan energhikk hahaha.

Tumbuh kembang Ibrahim di 2 tahun lalu alhamdulillah baik klo mnrt skor kpsp. Untuk berat dan tingginya masih belum sempat ngecek. Sampe skrg. Haha. Udah makin banyak pencapaiannya jugak.. Udah jauuuhh lebih sabar dan lama konsentrasinya kalo main..

Sekarang lagi seneng2nya nyusun lego. Disusun sampe tinggiiii trus kalo udah mulai goyang, ibuknya disuru pegang, susun terus, eh tumbang.. dan dia gak ngamuk looo hahaha. Malah yang berjatuhan itu disusun kembali. Seneng liatnya.

Meskipun ada juga kelakuannya yg nyebelin skrg2 ini, misal kalo abis mandi harus bgt kita kejar2an karena Ibra gak mau dihandukin n gak mau pakek baju jugak.. Atau pas mau tidur, Ibra ga mau lampunya dimatiin n banyak gayaaaa kali klo udh di kasur..yang guling2lah..jungkir baliklah..apalah.. ujung2nya malah becanda bukannya tidur.. hahaha..

Tapi masa kecil itu katanya cuma sebentar. Jadi yang dihadapin sekarang mending dinikmati aja sebelum insyaAllah anaknya gede….

Ini aja udah secepat kilat rasanya melihat pertumbuhan Ibrahim.

Dear Ibrahim,
Ibu sayang Ibrahim sampe galaksi paling jauh..selamanya :*

Ibrahim 2 tahun lebihh

Doanya Apa?

Tadi menjelang adzan isya apa maghrib ya..lupa.. Ibra langsung bergegas sholat. Takbir, bersedekap, rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud (gak ketinggalan kedua telunjuknya ikut tegak pas duduk ini wkwkwk), berdiri lagi, gak inget ntah sampe berapa kali..akhirnya kelar. Salam kiri kanan, “Aakum..”

Aku, nenek, dan kakeknya pun bertepuk tangan.
“Horee… selesai.. pinter Ibra…”
Anaknya senyum2 kesenengan dipuji hahaha.

Trus aku bilang,
“Ehhh doanya belum, Ibra..”

Ibrahim duduk lagi sambil mengangkat kedua tangannya. Berdoa. Tsah.

“Udah? Doanya apa?”

Dengan pede anaknya berdoa keras2.
“Bismika…..ya amuut..”

Wkwkwkwkwk. Doa mau tidur. Masih separoh2 sih. Tapi kaget juga. Jadi sebenernya belum pernah ngasi tauin Ibra doa sehabis sholat apa aja. Yang udah udah paling Ibra klo disuru berdoa cuma blg “Ya Awah..”
Dan seminggu yang lalu emg lg rajin aja tiap mau tidur si ibra diajakin berdoa keras2. Tapi anaknya selama ini kayak gak pernah merhatiin. Malah seringkali dia ogah dan maunya dinyanyiin lagu aja. Kan sedihhh. Akhirnya abis itu mulai menyerah ngajarinnya. Dipikir2 mungkin dia belum tertarik. Eh. Ternyata diam2 dia menyimak, bahkan merekam. Warbiyasa anak2 ini.

Hahahah tapi biasanya gak dibaca pas abis sholat jugak sih nak… dibacanya pas mau bobokkk… 😹

Kesimpulannya….jangan cepet menyerah buat ngajarin kebaikan pd anak kecil hahaha..

Kesimpulan lagi…alangkah baiknya jikalau org tua membiasakan dirinya sendiri dulu berbuat kebaikan. Jadi tanpa perlu diajarin insyaAllah anak otomatis bakal ngikutin. Hehehe. Jangan kek sinii..yg masih tak sempurna dan gak relijius2 amat seperti tmn2 di pesbuk 😂 Berdoa aja masih suka kelupaan. Sehingga hrs lebih berusaha.

Semangatttttsss! 😜😜😜

Doanya Apa?

Gitu Kata Ibra

“Ba yang Ibu..”

Gitu kata anak laki2 kecilku tadi. Seketika dunia berubah merah jambu. Aku bagaikan jatuh cinta lagi. Rasanya untuk sekejap saja hanya ada aku dan anakku di dunia ini. Terdengarnya begitu tulus.

*eaaa*

Entahlah apa dia cuma membeo gr2 dr dulu setiap hari selalu aku doktrin “Ibu sayang Ibra” hahaha dan belakangan anaknya emg lg suka bolak balikin kata dlm kalimat, sehingga Ibu sayang Ibra dibalikin jd Ibra sayang Ibu.. Gitu aja.. Entahlah..

Yang jelas td jadi seneeeengggg kaliii.. Ga ada lawannya.. Wkwkwk..

Gitu Kata Ibra

“Ntak Aaf”

Ibrahim, yang sebentar lagi insyaAllah 2 tahun, sekarang ini lagi hobiiiii kali minta maaf.

Sebenernya dia udah kenal kata “maaf” dr dulu2. Diajarin minta maaf kalo udah salah. Tapi beberapa waktu lalu, pas lagi senang2nya sama video 3 Little Kittens di youtube, minta maafnya jadi sering kali hahaha.

Jadi pas nonton video kucing2 itu, aku ceritain videonya tentang anak
-anak kucing yang kehilangan sarung tangannya. Terus mereka diomelin ibunya dan dihukum gak boleh makan kue. Anak2 kucingnya, yang kata Ibra “Mmmmeeyyyy” alias “comel”, minta maaf sama Ibunya. Lalu mereka cari sarung tangannya dan ketemu. Akhirnya mereka boleh makan kue. Yeeee. Hahahha.

Kisah sederhana tsb diceritakan dgn sangat dramatis. Wkwkwk. Jadinya membekas gt kayaknya bagi Ibrahim.

Semenjak itulah kayaknya dia jadi suka minta maaf.

Sengaja numpahin air trus dimain2in, lalu liat Ibunya ngomel2, Ibra bilang, “Aaf, Buuu…”
Seketika kesel langsung hilang berlanjut ciyam ciyom si bocah.

Liat Ibunya kesel entah karena apa, kadang karena ntn TV misalnya, tiba2 dia nyamperin, “Aaf, Bu…” Padahal bukan salah dia loooh.

Kemaren juga. Ibra ntah ngapain trus bikin ayahnya kaget.
“Haha.. Kaget ayah..”
“Ayah get..”
“Iya, Ayah kaget, Ibra..”
“Aaf, Yah.. Ntak aaf, Yah…”
“Iyaaa gakpapa.. Ayah kaget aja, Ibra gak salah..”

Hahahah. Dah gtu minta maafnya bahkan ke benda2 mainannya.
“Aaf, Bus..”
“Aaf, Bibil…” *Mobil
“Aaf, Ta..” *Onta
dst.

Emang fase anak belajar bicara ini penuh keunyuan. Udahlah dia ngomongnya dengan muka polos, kadang intonasinya pun datar. Wkwkwkk. Di rumah jadi berasa nyinyir gara2 ngulang2 ngomong muluk. Ditambah hobi minta maafnya ini, sekaligus berasa lebaran.
Setiap hari.

Wkwkkwkw.

Cium sayang buat Ibra yg lagi bobok di samping Ibu :*

Dumai, Okt 2015.

“Ntak Aaf”