15 Bulan Ibrahim

Tak disangka tak dinyana tak diduga.. rupanya Ibrahim udah 15 bulan aja 😅

Alhamdulillah anaknya sehat2 aja.. Bulan lalu sempat kena semacam alergi merah2 gtu sih di kulitnya, ntah karena pospak atau gak cocok makanan (waktu itu sempat nyicip sarden) atau alergi air pas berenang.

Yang jelas bocahnya makin gak bisa diam. Bisa sih..pas tidur atau lg terpana pas nonton video di yutub atau dibacain buku…bentaran aja tapi diemnya 😂

Habisnya bandingin sm anaknya org2 kok bisa tenang gtu main.. ibunya duduk nemenin.. anaknya anteng.. Ini Ibrahim jalan kesana kemari..kadang jalannya mlh kyk yg lari2 sampe sering jatuh.. Dua hari lalu aja jatuh pas mau masuk rumah alhasil benjol besar di jidat plus lecet. Padahal sehari sebelumnya udah jatuh juga ketimpa pembatas ruangan yang dari rotan. Hhhhhh semuanya terjadi sekejap mata dan pas maknya lagi di deket dia loh. Syukurlah sejauh ini gak kenapa2. Emang tiap anak beda2 sih ya.. Yang seibu sebapak aja beda2 kelakuannya wkwkwk..

Ibrahim sekarang lagi dalam fase separation anxiety.. tsah apapulak itu.. Intinya Ibrahim lagi gak mau pisah sama sekali sm maknya. Kalo diperatiin ini muncul sejak pindah dari Baturaja. Bahkan sama bapaknya pun gak mau ditinggal sementara maknya masak gtu. Ditinggal ke WC bentar, nangis. Ibunya berdiri bentar masak dia nangis pen digendong n liatin ibunya masak. Jadi berasa penting geneeehhh wakwkakwka. Sempat bohongin Ibrahim gara2 ini. Puterin video kesukaannya, pas anaknya lg asyik, langsung kabur diem2 ke WC… Buang air dalam damai.. Beberapa detik kemudian terdengar tangisan Ibrahim yang pecyahhhh membahana bagaikan  korban KDRT. Buru2 keluar dan anaknya udah nangis bercucuran air mata, keringetan, muka merah, kayak yang sediiiih dan kesal kali gtu. Huhu kasiannya. Setelah baca2 ternyata yang aku lakukan (kabur diam2) bisa memperparah situasi. Okelah maap ya Nak..

Udah sebulanan ini klo gak salah udh bisa manggil “Buk..Buk..” hahhaha senangnyaaaa… Selama ini udah keduluan sama ayah, kakek, om, cicak, dll. Kalo digangguin ayahnya langsung kabur ke aku sambil manggil “Buk..Buk..” cyeeee 😜 Tinggal nyebut Nenek nih Ibra yang blm fasih. Neneknya udh nunggu2in bgt tuh huihihi.

Perkembangan2 Ibrahim sampe 15 bulan ini:
jalan udah makin lancar, lagi suka jalan setengah lari, suka lonjak2 di kasur (bikin horor maknya), bisa jalan mundur, bisa ambil benda kecil pake jari telunjuk n jempol (nyubit), lg suka belajar suapin makannya sendiri,  udah bs sikatin gigi depannya sendiri, lg seneng2nya nunjuk benda jauh kyk Bulan, dan binatang paporitnya yang sesungguhnya bagi ibu sgt menjijikkan yaitu Cicak2 di dinding..

Klo dulu Ibrahim ketemu orang lain jutek n galak skrg kyknya agak mendingan. Kalo sama anak2 lbh tua atau lbh muda, malah suka dia. Kalo yg seumuran blm pernah nyobain ni.. Tapi Ibra biasanya sng main sm abang2 kakak2 n adek2..

Komunikasinya jg udah enak bgt skrg. Mulai bs tanya jawab dikit2. Suka niruin apa yang kita bilang. Makin banyak ngerti instruksi2 sederhana. Kalo Ibra diajak mandi, langsung nyariin handuknya n beranjak ke kamar mandi. Ditanyain ayahnya mana, dijawab “dja..” alias kerja. Minta tolong bangunin ayahnya buat kerja, bocahnya langsung nepuk2in ayahnya sambil manggil2. Trs Ibra jg udah bisa geleng2 sambil bilang “dak”, jadinya pas disuapin makan n pakein baju, apalagi popok, bocahnya jd bisa nolak. Btw knp anakku ini ga suka dipakein baju  😂

Ibrahim jg seneng kalo dinyanyiin. Tapi suka labil…
Ibu: Ibra mau nyanyi apa?
Ibra: pupukpupuk (kupukupu–>jawaban default krn lg kesengsem sm kupu2…n cicak 😅)
Ibu: oke… ku..pu kupu yang lucu… (mulai nyanyi)
Ibra: (lambai2 tangan kyk manggil) tcak..tcak..(maksudnya ganti jd lagu becak)
Ibu: Saya mau tamasya..berkliling2 kota..
Ibra: Pupukpupuk… (kupu2)
Ibu: Ku..pu kupu yang lucuuu…
Ibra: Cak…Cak..
Ibu: Saya mau tamasya…
Ibra: pupukpupuk…
Ibu: errrr…. gak beres2 nyanyiknya 😂

Di samping hal2 yang hepi2 tetep ada cerita2 yg bikin kesabaran mamak diuji huahaha. Biasalah, seputar anak blm mau makan 😂, gak mau ditidurin jdnya hrs digendong2 dulu, gak bs ditinggal bentar aja, keras kepala kadang2, tantrum, …..

Yang mana hal2 tsb msh wajar2 ajalah ya… Kalo dipikir2 setiap tahapan kehidupannya ada tantangan msg2..sedappp..wkwk. Makin gede insyaAllah anaknya, makin macem2 lg ujian kesabarannya.. Ya iyalah ya.

Dan sampe sekarang, kegiatan favorit sm Ibrahim adalah…. unyel2an kitik2an heboh2an seru2an timpa2an di kasur sampe kecapean ketawa 😅

Semoga…semoga hubungan kita bisa asik terus selama2nya ya, Ibrahim. ;) Mmuahhh..

(Postingan yg udh hampir sebulan jd draft n baru ingat blm dipublish..bzzz)

15 Bulan Ibrahim

2014*

Tahun ini judulnya mengasuh Ibrahim haha. Entah itu pas masih di Duri sampe bulan Agustus, terus balik ke Baturaja lagi sampe pertengahan Oktober, kembali ke Duri sampe Desember, daaannn akhirnya nyampe di Dumai.

InsyaAllah memulai tahun 2015 ini di Dumai karena suami dimutasi ke sini. Mudah2an bisa enjoy dan bahagia hidup di sini. Lebih dekat dengan keluarga juga. Sementara di Baturaja ga ada sodara sama sekali hehe. Dan sekarang kalo mudik insyaAllah lbh hemat krn beli tiket pesawatnya cuma buat ke Jakarta aja. Hakhakhak

Tahun 2015 mudah2an bisa jadi orang yang lebih baek (standar dan klise hahaha). Rasanya kalo di 2014 ini ada semacam pertarungan melawan diri sendiri (whatever that means jyakaka)… Agak menyimpan kemarahan2 gak jelas (ntahapa2 sih emg)… Keras kepala akut plus sotoy n agak ngotot (xixixi)… Tahun depan maunya lebih selow aja, kalem, bisa lebih ikhlas, nerima, jd orang yang pemaaf, tulus…dan lebih sadar aja. Karena skrg2 ini ngejalanin hari2 kyk udh yang otomatis..gak bosen sih cuma jd kyk kurang bersemangat gitu. Kayak yang hidup kurang memberikan arti dan jejak gitchuuu logh wkwkwk. Ibaratnya kalo dalam beribadah jdnya kyk kurang khusyuk.

Tapi tetaplah ya 2014 ini biar kyk rollercoaster tp seruuuu.. Alhamdulillah banyak kebahagiaan terutama dari si anak bujang kicikku yang makin hari makin sibuk aja.. Huahaha.. Pastinya bikin ibunya setiap hari jd belajar semakin sabar 😅

Ssmoga di 2015 makin rajin n banyak ibadah… bisa menerapkan pola hidup sehat.. Olahraga teratur.. Bangun pagi.. Makin sehat.. Makin bahagia.. Makin banyak sedekah.. Naik haji.. Bisa beli mobil..rumah..pulau..liburan ke alaska.. makan nasi Padang di Padang.. Makan soto Madura di Jl.Bali Bandung.. dll dsb dst…

*Harap yang membaca ikut mengamini 😅😅😅😅

2014*

Ibrahim Setahun!

Yeaaay! Hihihi alhamdulillah putra pertamaku udah setahun umurnya Oktober kemaren. Aselikkkk gak kerasaaaa… Rasanya kemaren masih newborn! Hahah!

Jadi biar spesial, ultahnya Ibrahim dirayain dua kali. Pertama sesuai perhitungan Hijriah. Ternyata tanggal 18 Dzulhijjah jatuh di hari Senin tgl 13 Oktober. Karena waktu itu di rumah kontrakan udah rempong beres2 buat pindahan, akunya gak sempat mau bikinin kue buat Ibra (wkwk alesan). Jadinya beli aja di toko kue dekat rumah. Terus ultahnya Ibra dirayain sederhana aja bertiga sama Ayah juga.

image

Beberapa hari kemudian, Ayah nganterin Ibu dan ibrahim ke Duri. Ceritanya kan Ayah insyaAllah mau dimutasi ke Dumai, trs karena bbrp hal Ibu n Ibra duluan cabut dari Baturajanya hihi. Jadi, pas ultah Ibra tanggal 23 Oktober itu, Ibu dan Ibra udah di Duri dan Ayah masih di Baturaja. Huhu. Akhirnya dirayain sama kakek nenek di Duri.

image

Jadi bisa dibilang ultah Hijriah itu biar Ayah bisa ikutan ngerayain x)

Jadiiiii Ibra udah setahun. Udah beragam fase yang Ibra lalui, udah ngelewatin milestone macem2, udah makin aktif bergerak dan berjalan juga kesana kemari (btw Ibra mulai bisa jalan lepas di awal2 bulan november ini, jalan lebih dr 5 langkah dan gak buang badan lagi pas disambut), hampir gak bisa diam, dan mulai keliatan  gt wataknya yang agak2 keras haha kek sapa tuh :p

Banyak sekali doa dan harapan Ibu buat Ibrahim..
1. Semoga Ibrahim tumbuh kembangnya lancar, trs kelak jadi anak soleh, baik hati, baik budi, sopan, gagah berani, dan macho pastinya (hajahah tetep).
2. Meskipun sekarang2 ini Ibra agak jutek, galak, dan suka nangis ketemu orang baru, tapi mdh2an seiring waktu berjalan (tsah), semoga Ibra bs jd anak yang ramah, humoris (eaaa), gemar menolong orang lain, dan mau berbagi pd sesama. Ingatlah bahwasanya tangan di atas lebih baik dr tangan di bawah.
3. Kemajuan zaman dan teknologhik tentu akan berpengaruh besar dalam masa tumbuh kembang Ibra, mudah2an pengaruhnya positif.
4. Ibu juga berharap smg Ibrahim punya pikiran yang terbuka dlm hal apapun.
5. Tapi juga pengen agar Ibrahim jd org yang teguh pendiriannya, punya prinsip dalam menjalani hidup, gak asal ngikut2in orang lain, percaya diri, dan tau maunya apa.
6. Mudah2an apapun yang Ibrahim inginkan, cita2kan, sejalan dengan kehendak Allah swt. Kalopun enggak, berarti udah dipersiapkan jalan yg lbh baik.
7. Last but not least, semoga Ibrahim sehaaaatttt selalu. Senantiasa dilindungi oleh Allah swt. Karena mata Ibu cuman 2, gak bisa ngawasin Ibrahim setiap milidetik. Tangan kaki pun cuman 2, gak bisa selalu langsung hadir ketika dibutuhkan..

Bwahaha berat geneh. Dan banyak mintaknya pulak ya ibuk2 satu ini. Abis gimana. Namanya jg doa. Masak nanggung2 wkwkkwkwkkwkwk.

Satu yang pasti adalah kasih Ibu kepada Ibrahim yang tak terhingga sepanjang masa.. Hanya memberi gak harap kembali.. Persis lagu jaman dulu itu ^^

Duri, 16 Desember 2014.
Postingan terlambat gr2 hape mati total hiks.

Ibrahim Setahun!

Ibra Mulai Jalan! :D

Tadi sore, ketika Ayah lg buang sampah ke luar dan Ibu lg santai nungguin mas2 n mbak2 yang mau bekam (btw bekam enak jg ya bikin nagih), Ibra yang lagi main di deket Ibu tau2 berdiri..diam..eh lalu melangkah  sampe 3 langkah! Huaaa senengnya… Ibrahim pun tampak senang n bersemangat. Wkwkwk.

Emang belum bisa dibilang berjalan lepas, soalnya blm sampe 5 langkah jg. Tapi gpp sedikit2 lama2 jd ;D

Habis itu sempat bbrp kali dia nyoba lg melangkah.. Tp walau jatuh, dia tetap bisa bangkit lagi!! Tuh cakra khan…hrs bs bangkit lg biar gak jd butiran debu wkwkwk.

Ternyata klo diliat2 dgn sotoy nih..buat Ibra, fase melangkahnya melewati tahap2 kyk gini:
-merangkak
-berdiri pegangan
-jalan pegangan n rambatan
-berdiri pegangan trs jongkok ambil sesuatu trs berdiri lagi (bangkit)
-berdiri dr posisi duduk tanpa berpegangan (ini suka dicobain di atas kasur..trs dia seneng kali klo bs berdiri lama n sambil tepuk tangan.. cyehh gaya..)
-berdiri dr posisi duduk trs maju.. Ini bentuk majunya bs melangkah atau buang badan ke depan haha..

Selama ini kan suka gemes liat Ibra, klo pegangan atau dorong2 mainan, jalannya alhamdulillah udah lancar. Tapi giliran dilepas, paling2 melangkah satu langkah trs langsung ambil posisi merangkak. Haha. Mungkin belum PD kali ya. Kan katanya buat bs melangkah lepas itu butuh perjuangan jg buat anak.

Hehehe yang jelas, takjub sekali liat semangatnya anak ini. Gak capek-capek, cobain terus sampe bisa.. Paling kalo udah bosen, tau2 dia buang badan aja ke ibunya sambil menelentangkan badan n lirik2 ngode minta dikitikin trs gelut2… ^^

Ibra Mulai Jalan! :D

Ibrahim 10 Bulan

Alhamdulillah.. Anak bayiku ini rupanya udah 10 bulan aja tanggal 23 Agustus kmrn.. InsyaAllah bentar lagi setahun :p

Harusnya ini jadwalnya Ibrahim diimunisasi campak. Agak molor emang gara2 imunisasi sebelumnya ada yang molor jadinya mundur terus imunisasi2 berikutnya. Dan karena Sabtu kemaren dokter anak di klinik tempatku dulu biasa periksa kehamilan lagi gak ada, bakalan molor lagi kyknya imunisasi Ibra. Heuft.

Tapi kemaren disempetin buat nimbang BB Ibra yang ternyata udah 10.3 kg. Yeay udah naik lagi hahaha. Emang rasanya sekarang Ibrahim agak banyakan sih makannya. Dan kalo dulu sering gak pup sampe berhari2, sekarang udah jauh lbh sering. Karena makannya udah mulai banyak kali ya.

Ibrahim mulai lancar jalannya walaupun msh harus ditatah atau pegangan. Beberapa minggu lalu pas ke Palembang nemenin ayahnya training, Ibrahim mulai suka dorong2in kursi. Jadinya sekarang lagi nyariin walker buat Ibrahim yang pas krn yang udah2 suka liat model walker yg bisa jadi mobil2an ternyata kekecilan buat Ibrahim -.-

Kalo kata neneknya, paling bagus ngajarin jalan di atas rumput yang berembun pagi2 gitu. Pernah kita cobain sekali ke alun2 Baturaja dan emang semangat Ibrahimnya buat jalan krn ada sensasi dingin n basah gtu mungkin ya. Kemudian gemes kayaknya langsung duduk terus diacak2 rumputnya sama Ibrahim wkwkwk.

Sekarang di rumah belajar sama ayah aja sambil dipegangin atau dorong2 baby walkernya yang gak kepake, dorongin strollernya, ato mobil2an gedenya yang mengeluarkan lagu2 bagaikan odong2 wkwkwk. Ya ampoon gak nyangka sekarang kontrakan isinya beginian :))

Ibrahim sekarang juga udah faseh tepuk tangan. Kalo bulan kemaren tepuk tangannya lembut n gak bunyi, sekarang udah kuat. Kayaknya gara2 liat ayah sama ibu suka tepokin nyamuk ini :))) Bahkan kalo nyanyi pelangi2 Ibra spontan tepuk tangan sambil cengar cengir. Baru2 ini juga udah bisa melambaikan tangan. Padahal kmrn2 pas di Palembang itu, tangannya Ibra bisanya kayak kucing di toko cina gtu. Tau2 ilang aja kebiasaannya malah berganti. Karena gak diajarin mungkin ya?

Ibra lagi suka teriak n sering babbling juga. Dan babblingnya skrg kyk ngomong beneran tp roaming ya suka gak ngerti artinya. Kadang ngoceh panjang n sama kita suka dibalesin aja sesotoynya trs dibales lg sm Ibra….alhasil terjadilah percakapan ala ala :))

Kadang2 mulai bisa bilang Ayah.. Apa.. Mamama papapa tapi gak tau apa maksudnya emang itu atau lagi suka2nya dia aja. Dan kalo dibilangin, “Ibrahim, ayah pulang..” bocahnya langsung nengokin pintu..atau ruang tamu tempat ayahnya suka muncul.

Sekarang main cilukba juga udah bs gantian soalnya Ibra mulai bisa tutupin mukanya trs pura2 sembunyi wkwkwk. Ah anak bayi mengapa unyu sekali ya..

Oya. Ibrahim sukaaaaaa sekali berenang. Kalo dulu pas masih bayi di Duri renangnya di bathtub cetek pake pelampung di leher, sekarang udah bisa di kolam umum. Tapi gak berani juga klo rame. Pas kemaren di Palembang aja, nyobain Ibrahim berenang di kolam renang besar dan airnya dingin + outdoor jadinya angin semriwing.. Awalnya agak kagok tapi antusias anaknya. Dan gak mau dipakein pelampung badan. Pegel dong ayahnya megangin trs. Syukurlah akhirnya mau juga dan betah ternyata. Gara2 di rumah kontrakan ini juga ada bak yang superbesar di kamar mandi belakang (buat nampung air jaga2 klo musim panas kekeringan), Ibrahim kita coba renangin di situ wkwkwk. Dan itu jadi kegiatan favorit ibrahim :))

Ibrahim… Tumbuh jadi anak soleh, baik hati, pemberani, macho, n sopan ya.. Kayaknya kalopun Ibra nanti insyaAllah udah besarnya berkumis berjambang berjenggot, Ibrahim  tetap bayi unyu2 bagi Ibu ;)

Sayang Ibu buat Ibrahim adalah satu dibagi nol.. :*

*posting gagal mulu jdnya telat*

Ibrahim 10 Bulan

Ibrahim 11 Bulan

Postingan telat nih. Dan yg bulan kmrn gagal mulu pas diupload. Hiks. Yasutrala..

Pertengahan September lalu, Ibra mulai bs manjat container yg lbh tinggi dr kasur. Tapi msh blm lancar turunnya krn kakinya blm terlalu nyampe. Ceritanya container ini dipake buat ngalangin jalan ke kamar mandi krn ibra suka ngekorin maknya kemana2, trs dia kyknya kesal terhalangi container. Jadilah dipanjatin sama dia. Jadi agak ngeri sekarang ngeliatnya hrs hati2 bgt. Kalo sekarang udah faseh manjat2nya.

Udah lancar jalannya…asal berpegangan. Sekarang hobinya Ibra merambat di tembok bagaikan cicak2 di dinding dan ngedorong babywalkernya ke sekeliling rumah. Setelah muter2 babyshop disini nyariin walker yg direkomendasikan itu, gak nemu yg pas buat Ibra krn rata2 kecil n pendek. Sehingga klo buat belajar jalan, anaknya jadi membungkuk. Alhasil babywalkernya yg nganggur krn gak mau dinaikin, jd teralihfungsikan. Dan pas jg tingginya buat dipegang Ibra. Jadiii kata siapa babywalker haram? :)))

Oiya tgl 19 Sept lalu sempet jg Ibra mau melangkahkan kakinya tanpa pegangan tapi cuma selangkah gt. Kemudian dia lanjut merangkak hohoho.

Ibra mulai pengen makan sendiri. Sotoy yaaa haha. Udah waktunya juga kyknya. Kalo liat makanan potongan gt maunya pegang sendiri lalu diremas2 baru dimakan..atau gak diolesin ke lantai rumah zzzz hahaha. Mulai bs pegang sendok trs dimasukin ke mulut jg. Tiada hari tanpa ngepel. Untungnya ibu udh nemu cara ngepel praktis :)) masukin pembersih lantai+air dalam botol yg ada spray nya dan semprotin lantai2 kotor trs lap pake kanebo bersih atau kain pel. Bye gotong2 ember.. Wkwkwk

Ibra juga udh bs minum sendiri pake sedotan. Yeayy. Sedeplah gayaknya. Sambil megangin kuping cangkir trs disedot sampe kempot pipinya hahah. Taunya ibra bs nyedot jg gak sengaja, klo ga slh udah sebulan lalu. Seneng kali akhirnya nemu cara yg ok buat minum ibra. Selama ini klo disuapin sendok msh suka tersedak, diminumin pake gelas juga gt malah lbh parah. Tangannya pengen dimasukin ke dlm gelas buat ngobok2 air.

Sekarang Ibra juga makin jago niruin ibu atau ayahnya. Kalo deket2 rice cooker yg panas kan suka dibilangin “Ibra, awas ya ini panas.. Huh huh huh..” sambil mulut monyong2 n ngibas2in tangan kyk org kepanasan. Skrg Ibra klo kepegang sesuatu yg panas jdnya kyk gt ekspresinya wkwkwk. “u u u” sambil ngibas2in tangannya niruin. Skrg udh gak bs sembarangan lg nih depan bocah :p

Lagi suka2nya sama Paku yg nempel di tembok. Wkwkkw. Kalo liat paku, langsung ngomong “Papuk.. Papuk..”.

Udah sering dadah2 juga sekarang. Sambil ngASI aja suka dadah2 tangannya (mungkin itu berlatih kali ya). Sama kayak dulu pas baru bs tepuk tangan.. Tepuk tangaaaan mulu kerjanya :))

Ibra juga suka bolak balikin halaman board booknya. Bisa asik sendiri sama bukunya. Tapi lbh suka kalo ditemenin trs dicritain..walaupun akhirnya direbut sm dia bukunya :))

Daaannn kabar plg menggembirakan, Ibra alhamdulillah udah lancar bgt eeknya skrg. Tiap hari dan pagi2 udah kyk org dewasa. Sejak umur 3 ato 4 bulan pas msh ASIX kan dulu Ibra suka lama jeda eeknya. Bisa sampe semingguan lebih. Tapi baca di artikel2 AIMI dll katanya bayi ASIX klo sampe 14 hari gak eek, ya gak papa. Asal bayinya ceria2 aja. Nah ibra dulu gtu. Tetep ceria. Gak menunjukkan tanda2 sakit n panas dan gak keras juga teksturnya. Tapi ya resah aja kan sbg ibunya. Ternyata kata DSA nya Ibra, sebaiknya Ibra dikasi lactobacillus gt. Buat memperlancar pencernaannya. Kata dokternya itu ga ada efek samping juga soalnya itu bagaikan yakult bagi anak bayi. Jadilah Ibra disarankan mengkonsumsi itu tiap hari. Emang jd lembut tekstur pupnya hahah (iya tiap kli bersihin pup ibra, maknya jd selalu ngacak2 pupnya demi kepuasan batin). Tapi akhirnya ga tiap hari juga sih dikasinya. Suka lupa juga hoho.

Demikian cerita soal sebagian perkembangan Ibrahim. Gak kerasa insyaAllah bln ini mau setaun. Huhu. Senang sekaligus sedih ngeliat pertumbuhan n perkembangan anak. Seneng liat dia semakin pinter n mandiri, tapi sedihhhh krn rasanya baru bentar ditimang2.

Kadang2 sampe mikir jgn2 orang yang banyak anak n jaraknya dket2 itu krn ngerasa gini kali ya.. Kepengen ngasuh anak bayi trs.. Soalnya biar fisik capek, tp membahagiakan gtuu mwihihi :p

Ibrahim 11 Bulan